Tags

Pada pembahasan kali ini kita akan melanjutkan membahas tentang Vlookup. ketika kita sudah tau logika dasar untuk vlookup, pada proses selanjutnya tentu akan lebih menyenangkan. berikut ini akan saya berikan contoh pengerjaan vlookup dengan data yang lebih banyak dari sebelumnya, contoh : Tabel Database Karyawan

Database1

dan berikut ada tabel 2, dimana kita diminta untuk mengisi beberapa item yang kosong dengan menggunakan vlookup.

Database2

maka, dengan adanya patokan NIK kita bisa mengisi tabel 2 dengan mudah, begini langkah-langkahnya.

pada cell C2 isikan =VLOOKUP(Sheet2!B2,Sheet1!B2:G32,2,0) Database3.png

tentu sobat sudah tau kan logikanya seperti apa? hehehe.. jika sudah kita isikan rumus seperti diatas, maka kita akan mendapat jawabannya yaitu ANDI.

nah untuk mengisi data yang cukup banyak tersebut kita akan menggunakan sistem copy agar lebih cepat dan menghemat waktu, jadi kita tidak perlu mengisi rumusnya pada setiap kolom, untuk mengcopy rumusnya ada hal-hal yang harus sobat perhatikan.

  1. pada rumus =VLOOKUP(Sheet2!B2,Sheet1!B2:G32,2,0) 

perhatikan pada database yang berwarna merah, pastikan database yang menjadi acuan kita harus terkunci, blok tulisan berwarna merah diatas, dan tekan tombol F4, sehingga rumus menjadi seperti ini =VLOOKUP(Sheet2!B2,Sheet1!$B$2:$G$32,2,0)

penguncian database ini perlu kita lakukan jika database yang menjadi acuan dan hasil yang ingin ditampilkan berada pada 1 workbook yang sama (Satu Sheet ataupun berbeda Sheet), jika pada workbook yang berbeda maka otomatis databasenya akan terkunci sendiri.

2. perhatikan rumus =VLOOKUP(Sheet2!B2,Sheet1!$B$2:$G$32,2,0)

pada nilai yang menjadi acuan kita, yaitu cell B2 harus dikunci seperti ini, blok tulisan Sheet2!B2 dan tekan F4 sebanyak 3x, maka akan menjadi seperti ini =VLOOKUP(Sheet2!$B2,Sheet1!$B$2:$G$32,2,0) atau sobat juga bisa mengetikan manual tanda dollar tersebut sebelum tulisan B2 dengan menekan keyboard Shift+4

3. copykan rumus tersebut ke kolom sebelahnya,

Database4.png

4. ganti angka yang dibelakang rumus =VLOOKUP(Sheet2!$B2,Sheet1!$B$2:$G$32,2,0) 

pada kolom jabatan diganti menjadi angka kolom gaji diganti menjadi angka 6

Database5.png

tarik kebawah/copy paste, dan taraaaaa……

Database6.png

selamat, sobat telah semakin mahir dalam mengerjakan Vlookup.

#PracticesMakesBetter