Tags

image

Bismillahirahmannirrahim. Udah lama banget ni gak ngeblog, ntah karena sok sibuk atau kenapa hehehe..
Pada postingan kali ini saya hanya ingin membagi pengalaman aja sih, setelah sekian lama bersama dengan si zeny 6 ini, tiba2 doi gak mau dicharged, wah lumayan pusing juga ni. Permasalahannya karena habis nonton, ketiduran, pas bangun baterainya dalam kondisi 1%! Langsung ambil charger, dicolokin, tapi ternyata baterenya gak masuk,dan lampu indikatornya gak nyala. Solusi awal adalah dicharged dalam kondisi hp dimatikan (saat dicharged dalam keadaan mati, hanya muncul gambar batere kosong & lampu indikator tetap tidak menyala) tapi saya biarin aja tetap dicharged. Setelah beberapa jam ketika dihidupkan batere sudah terisi kembali.
Setelah itu saya coba googling kesana kemari, dan mendapat beberapa pencerahan:
Kabel charger yang rusak
Port usb (bila menggunakan laptop/PC)
Port charger pada si Zenny yang bermasalah.
Kemungkinan IC Charger nya yang rusak, harus dibawa ke service centre/counter yang menyediakan jasa service (biaya penggantian berkisaran Rp 125K)
Dan Masalah kerusakan pada Software
Dan lain-lain
Cara-cara diatas udah saya cobain satu-satu, mulai dari mencoba mengganti kabel charger (minjem) mencoba charger menggunakan charger yang lain, hingga membenarkan posisi port charger menggunakan tusuk gigi. Dan hasilnya tetep nihil.
–Hal yang belum saya coba adalah membawa ke asus service centre, karena saya berpikir ini harusnya menjadi solusi terakhir jika semua cara masih gagal.—
Kemudian saya coba dengan mengembalikan ke settingan awal pabrik (Reset Factory). Menu – Settting – Backup & Reset – Factory Data Reset. Dan akhirnya cara ini pun masih tetap gagal. Saya berpikir untuk mengupdate firmwarenya. Saya coba update ke versi yang lebih tinggi, via OTA. Pastikan versi Zenny yang sobat punya TW,WW, atau CN di Menu-Setting-About-Software Information-Build Number. Lihat setelah merk dan type [ASUS_T00G_WW_user_xxxxx] download firmware yang sesuai langsung dari situs resmi asus, ekstrak dan pindahkan ke memori internal (tanpa memasukan dalam folder). Kemudian restart dan akan muncul system update (Logo tanda seru pada notification bar). Pilih dan update, lalu tunggu update hingga selesai. Setelah saya update firmware dan masih belum bisa discharge. Saya kembali melakukan factory data reset tetapi kali ini langsung dari system. Dengan cara yang sudah pernah saya posting sebelumnya yaitu matikan si Zenny. Tekan tombol vol atas dan tombol power secara bersamaan, pilih factory data reset. Atau bisa dengan menekan recovery, setelah itu hp akan restart dan muncul gambar android berbaring dengan tanda seru di badannya

image

tekan tombol vol atas dan vol bawah bersamaan (tahan), lepas vol atas, tekan vol atas sekali  (vol bawah masih ditekan tahan), setelah itu wipe cache dan Factory data reset.
sabar aja menunggu si Zenny hidup kembali, dan Alhamdulillah setelah hidup langsung bisa saya charge seperti semula🙂
*Hasil mungkin dapat berbeda pada tiap ponsel, tergantung kerusakan terjadi pada sektor mana. Tapi tidak ada salahnya berbagi, semoga bermanfaat
#PracticesMakesBetter